Titik Refleksi Insomnia (susah tidur), Jamu/obat alami, dan Cara Atasi Insomnia



-Sebelum memijat hendaknya membaca do'a terlebih dahulu (Al-fatihah, Al-ikhlas, Al-falaq, An-nas, Ayat kursy).
-Pemula hemdaknya mengetahui penyakit dan anatomi tubuh manusia dan manghafal daerah titik refleksi.
-Pakailah minyak urut agar kulit tidak lecet.
-Pemijatan lebih baik dilakukan 2-3 kali dalam seminggu, karena jika terlalu sering akan mengakibatkan keruasakan sel saraf.
-setiap titik refleksi dipijat 3-7 menit.
-Jangan memijat terlalu keras.
-Jangan memijat pada bagian tubuh yang luka/bengkak.
-Setelah dipijat hendaknya minum air putih 2-3 gelas, agar racun dalam tubuh keluar lewat air seni.

Jamu Sukar Tidur (insomnia)
-buah pala yang diambil bijinya lalu lumatlah hingga halus dan tempelkan pada atas mata bayi (jika penderita tsb anak-anak)
-Kapulaga, lembutkanlah kapulaga kemudian tempelkan diatas kening.
-Daun kangkung yang dimasak apa saja lalu makanlah bersama nasi.
-3gram jinten, 5gram ketumbar, 10gram daun pegagan, 50gram kangkung. Jinten dan ketumbar tumbuk halus, setelah itu semua bahan direbus sampai masak lalu minum air rebusan tersebut.

Cara atasi insomnia:

1. Cara Menghilangkan Insomnia Dengan Olahraga
Salah satu kunci hidup sehat adalah olahraga secara teratur. Olahraga juga dapat membantu kita mengatasi insomnia. Jangan olahraga sebelum tidur, olahraga sebelum tidur justru membuat Anda semakin susah untuk tidur karena olahraga melancarkan sirkulasi darah ke otak kita. Sebaiknya olahraga dalam waktu 5 jam sebelum tiur untuk meningkatkan kualitas tidur Anda.

2. Cara Menyembuhkan Insomnia Dengan Jadwal kegiatan
Kegiatan kita sehari – hari memang sangat banyak dan padat, banyak pekerjaan dan tugas yang harus kita selesaikan sepanjang hari. Jika kita tidak dapat mengatur waktu dengan baik maka pekerjaan kita akan berantakan dan kita terpaksa menggunakan jam tidur untuk menyelesaikan pekerjaan. Aturlah jadwal kegiatan sehari – hari Anda agar pekerjaan Anda selesai dengan baik dan tidak kekurangan istirahat.

3. Hindari Cahaya Saat Tidur
Cahaya sangat mempengaruhi proses produksi dari hormon melatonin. Cahaya yang terang akan menghambat proses produksinya, dan tidak adanya cahaya akan mendorong proses produksinya.
Tips: Matikan TV, komputer, atau peralatan sumber cahaya lainnya satu jam sebelum tidur. Tutupi dengan kain gelap semua peralatan sumber cahaya yang tidak bisa dimatikan.

4. Hindari Untuk Terus Melihat Ke Arah Jam Anda
Bila Anda terus-terusan melirik ke arah jam saat larut malam, tidur Anda akan tersiksa. Anda akan terus menerus merasa khawatir dengan sisa waktu tidur sebelum hari sibuk Anda yang lain dimulai. Jika Anda salah satu dari orang tersebut, maka Anda harus menempatkan jam di dalam laci, bawah tempat tidur, atau putar ke arah yang bertentangan dengan jarak panmenghindarinya

5. Hindari Kafein 9 Jam Sebelum Tidur 15 Tips Cara Mengatasi Insomnia Agar Tidur Cepat
Kopi di pagi hari bagus untuk sebagian orang. Namun saat menjelang waktu tidur, Anda perlu menghindari untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein. Kurangi juga dalam mengonsumsi coklat, cola, teh ataupun kopi tanpa kafein sekalipun.
Tips: pain killers dan juga pil penurun badan juga mengandung kafein, jadi Anda juga harus menghindarinya

6. Relaksasikan Pikiran Anda Sebelum Tidur
Redakan emosi dan juga pikiran Anda sekitar satu jam sebelum tidur. Bacalah sesuatu yang ringan, mendengarkan musik, atau mandi air hangat untuk menenangkan pikiran Anda.
Tips: Ritual ini juga dapat dilakukan 10 menit sebelum tidur ketika waktu tidur Anda semakin sempit.

7. Tempatkan Leher di Posisi yang Netral
Jika Anda bangun tidur dengan leher kaku, salahkan bantal Anda. Terkadang Anda menggunakan bantal yang terlalu tebal atau yang terlalu tipis. Bantal Anda harus berukuran tepat untuk mendukung leher Anda dalam posisi netral. Untuk tidur menyamping, hidung Anda harus sejajar denganpusattubuh Anda. Hindari tidur dengan posisi telungkup, karena justru akan melilitkan leher Anda.

0 Response to "Titik Refleksi Insomnia (susah tidur), Jamu/obat alami, dan Cara Atasi Insomnia"

Post a Comment

Jangan lupa berkunjung kembali yaa :)