Bahaya dan Akibat Menahan Bersin Bagi Kesehatan



Secara ilmiah bersin dimulai dari sistem saraf dan semua orang memiliki cara kerja sistem saraf yang sama. Namun sinyal perjalanan saraf tiap manusia berbeda-beda sehingga menghasilkan cerita bersin yang berbeda bagi tiap orang. Jadi ketika ada sesuatu yang mengganggu hidung, sebuah pesan akan dikirim ke bagian otak
Mungkin beberapa dari kita ada yang merasa tidak enak untuk bersin karena takut mengganggu orang-orang di sekitar apalagi orang-orang tersebut adalah orang penting atau karena kita tahu bersin bisa menyebarkan kuman. Satu kali bersin, kita bisa menyebarkan 100 ribu kuman ke udara dengan kecepatan 160 km per jam.
Namun di sisi lain menahan bersin bukan pilihan yang tepat. Menurut penelitian, menahan bersin bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Bahaya Menahan Bersin
-Pembuluh darah di bagian putih mata akan pecah. Hal itu bisa menyebabkan memar pada bagian putih mata di sekitar iris.
-Anda berisiko mengalami gangguan pendengaran atau vertigo karena tekanan udara yang masuk ke telinga bisa memecahkan gendang telinga atau cidera pada bagian dalam telinga.
-Cidera pada diafragma.
-Pembuluh darah pada otak akan melemah dan bisa pecah karena meningkatnya tekanan darah.
Intinya, bersin bisa menjaga tubuh agar tetap sehat karena aktivitas ini merupakan bagian penting dari proses kekebalan tubuh. Jika Anda bersin, maka Anda akan membersihkan hidung dari bakteri dan virus.
Jadi ketika ada tanda-tanda Anda ingin bersin, segera sediakan tisu dan lepaskan saja secara alami. Tidak perlu malu karena semua orang pasti pernah bersin. Gunakan saputangan atau tisu untuk menutupi mulut anda, sekaligus meredam suaranya. Jika merasa tidak enak untuk mengeluarkan ‘hachiiimm’, Anda bisa langsung mengambil langkah seribu demi menghindari bersin di hadapan banyak orang.

Berikut ini adalah faktor-faktor yang membuat Anda bersin.

-Alergi, Bersin karena alergi disebabkan oleh kutu, tungau, ketombe dan debu.
-Pilek, Bersin merupakan tanda-tanda Anda terkena pilek.
-Mencabut alis, Mencabut bulu alis bisa memicu saraf pada wajah kepada reaksi bersin.
-Saat berolahraga, Anda akan bernapas secara berlebihan (hiperventilasi). Hasilnya, hidung dan mulut akan mulai mengering. Hal itu membuat hidung lebih sensitif.
-Menghirup lada, Saat menghirup lada, seketika kita akan bersin. Hal itu terjadi karena dua alasan. Yang pertama adalah ketika lada ditumbuk halus hingga menyerupai debu atau partikel kecil di udara sehingga memudahkannya merangsang sel-sel saraf di dalam hidung dan memicu bersin secara paksa. Yang kedua, lada mengandung piperin, senyawa kimia yang menghasilkan rasa pedas pada tanaman. Piperin bisa mengiritasi hidung dan menyebabkan Anda bersin.
-Berhubungan seks, Saat menikmati hubungan seks, orgasme, dan mengakhirinya.
-Sinar matahari, Satu dari tiga orang akan bersin ketika terpajan sinar matahari. Sebutan untuk kalangan ini adalah photics . Jika Anda bersin ketika tersengat matahari, orang yang bisa Anda salahkan adalah orang tua karena
photics bersifat turunan.

0 Response to "Bahaya dan Akibat Menahan Bersin Bagi Kesehatan"

Post a Comment

Jangan lupa berkunjung kembali yaa :)