Rasa Gembira & Senang Menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW



ﺃﻇﻬﺮﻭﺍ ﻓﺮﺣﻜﻢ ﻭﺷﻜﺮﻛﻢ ﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﺑﻮﻻﺩﺓ ﺍﻟﺒﺸﻴﺮ ﺍﻟﻨﺬﻳﺮ ﺳﻴﺪﻛﻢ ﻣﺤﻤﺪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ
Tampakkanlah rasa gembiramu dan rasa syukurmu kepada Allah ta'ala karena lahirnya sang pembawa kabar gembira dan pembawa peringatan yang menjadi junjunganmu Muhammad sholla Allahu 'alaihi wa sallam
Sungguh Allah berfirman :
﴿ﻗُﻞْ ﺑِﻔَﻀْﻞِ ﺍﻟﻠﻪِ ﻭَﺑِﺮَﺣْﻤَﺘِﻪِ ﻓَﺒِﺬٰﻟِﻚَ ﻓَﻠْﻴَﻔْﺮَﺣُﻮْﺍ ﻫُﻮَ ﺧَﻴْﺮٌ ﻣِﻤَّﺎ ﻳَﺠْﻤَﻌُﻮْﻥَ﴾ ‏( ﻳﻮﻧﺲ : 58 ‏)
“ Katakanlah: “Dengan kurnia Allah dan rahmat-Nya, hendaklah dengan itu mereka bergembira. Karunia Allah dan rahmat-Nya itu adalah lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan.” (QS. Yunus: 58 ‏)
Dalam ayat ini, Allah memerintahkan kepada kita agar bergembira dengan karunia dan rahmat-Nya, sedangkan Nabi Muhammad adalah rahmat terbesar yang diberikan oleh Allah sebagaimana :firmanNya
﴿ﻭَﻣَﺎ ﺃَﺭْﺳَﻠْﻨَﺎﻙَ ﺇِﻻَّ ﺭَﺣْﻤَﺔً ﻟِﻠْﻌَﺎﻟَﻤِﻴْﻦَ﴾ ‏( ﺍﻷﻧﺒﻴﺎﺀ : ١٠٧ ‏)
“ Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam.” (QS. Al-Anbiya’: 107 ‏)
Rasa senang dan gembira ini sebagaimana yang telah Nabi contohkan sendiri dengan cara berpuasa pada hari kelahiran beliau. Dalam sebuah hadits diriwayatkan :
ﻋَﻦْ ﺃَﺑِﻲْ ﻗَﺘَﺎﺩَﺓَ ﺍْﻷَﻧْﺼَﺎﺭِﻱِ ﺃَﻥَّ ﺭَﺳُﻮْﻝَ ﺍﻟﻠﻪِ ﺳُﺌِﻞَ ﻋَﻦْ ﺻَﻮْﻡِ ﺍْﻹِﺛْﻨَﻴْﻦِ ﻓَﻘَﺎﻝَ : ﻓِﻴْﻪِ ﻭُﻟِﺪْﺕُ ﻭَﻓِﻴْﻪِ ﺃُﻧْﺰِﻝَ ﻋَﻠَﻲَّ ‏» ‏( ﺭﻭﺍﻩ ﻣﺴﻠﻢ : 1978 ‏)
Diriwayatkan dari Abû Qatâdah al-Anshâri: “Bahwa Rasulullah pernah ditanya tentang puasa Senin. Maka beliau menjawab, Pada hari itulah aku dilahirkan dan wahyu diturunkan kepadaku.” (HR. Muslim: 1978 ‏)
Lihat Terjemahan
(PISS-KTB)

0 Response to "Rasa Gembira & Senang Menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW"

Post a Comment

Jangan lupa berkunjung kembali yaa :)