Si Katak Yang Hobi Berbohong Asli Indonesia



Sebuah penelitian di Pegunungan Foja, di Pulau Guinea Baru, Provinsi Papua.Di temukan Salah satu jenis katak baru yang disebut katak Pinokio karena memiliki bagian tubuh memanjang di mukanya seperti hidung pinokio.
Katak Pinokio termasuk katak spesies baru. Jenis katak pohon ini ditemukan secara tidak sengaja oleh herpetologist (ahli hewan reptil dan amfibi), Paulus Oliver pada tahun 2008.
Oliver penasaran dan ingin tahu, apa fungsi benjolan panjang pada hidung katak pinokio ini. Apakah hidungnya akan memanjang jika berbohong seperti Pinokio ? atau hidungnya akan memanjang kalau hendak menolong, seperti gajah kecil Bona ?
Setelah diamati, ternyata benjolan tersebut merupakan pertanda bagi katak jantan yang menjadi pasangannya. Benjolan akan menegang dan menunjuk ke atas bila didekati katak jantan. Sedangkan pada saat tidak ada aktivitas atau sedang sendirian, benjolan akan mengempis dan mengarah ke bawah.
Namun sayangnya hidung panjang itu tidak jelas di miliki oleh katak jantan atau betina.
Katak pohon jenis baru (Litoria sp. nov.) yang ditemukan di Papua belum lama ini unik dengan bagian tubuh memanjang di mukanya sehingga seperti hidung Pinokio, Maka dari itu katak tersebut di namai katak pinokio.

0 Response to "Si Katak Yang Hobi Berbohong Asli Indonesia"

Post a Comment

Jangan lupa berkunjung kembali yaa :)