Keburukan di Balas Kebaikan



Oleh: Al Habib ‘Alwi bin Ali bin Alwi bin Ali Al Habsyi

Diriwayatkan bahwasanya Asy Syekh Ibrahim bin Adham pada suatu saat mengembara ke gurun sahara yang jaraknya tidak terlalu jauh dari tempat negeri asalnya.
Di tengah perjalanan, tanpa disengaja beliau berjumpa dengan seorang tentara. Lalu si tentara itu bertanya kepadanya, “Hai fulan, tunjukkan ada tidak tempat tinggal di dekat sini ?”
Secara spontan Asy Syekh Ibrahim menunjukkan jarinya ke arah kuburan, sambil berkata, “Itu tempat tinggal yg layak bagi kita.”
Tentara itupun merasa tersinggung, ia pun memukul kepala Sang Syekh. Kemudian tentara itu berlalu dan berjalan menuju desa atau perkampungan.
Kejadian itu sempat disaksikan oleh salah seorang penduduk dusun di situ. Dan ia berkata kepada tentara tersebut,
“Wahai kawan tahukah kamu siapa yang kau pukul tadi?”
Tentara itu berkata, “Aku tak tau, tapi kukira ia seorang pengembara kelihatannya…”.
“Itu tadi yang kau pukul adalah Al ‘Alim waz Zahid Khurasan ( orang yang sangat alim dan zuhud dari daerah Khurasan ini), namanya Ibrahim bin Adham.” kata orang dusun tersebut menjelaskan.
Lalu dengan tergopoh-gopoh tentara itu mengejar Asy-Syekh Ibrahim untuk meminta maaf.
Setelah di hadapan Syekh Ibrahim dan meminta maaf atas sikapnya tadi, berkata Syekh Ibrahim,
ﺍﻧﻚ ﻟﻤﺎ ﺿﺮﺑﺘﻨﻲ ﺳﺎﻟﺖ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻟﻚ ﺍﻟﺠﻨﺔ
“Sungguh tatkala kau pukul aku tadi, aku mohon kepada Allah agar Allah memasukkan kamu ke dalam Surga-Nya.”
Dengan nada heran sang tentara itu bertanya, “Mengapa ya Syekh kau bersikap begitu kepadaku, padahal aku telah berlaku kasar kepadamu?”
Maka Asy-Syekh Ibrahim berkata,
ﻋﻠﻤﺖ ﺍﻧﻲ ﺍﻭﺟﺮ ﻋﻠﻴﻚ ﻓﻠﻢ ﺍﺭﺩ ﺍﻥ ﻳﻜﻮﻥ ﻧﺼﻴﺒﻲ ﻣﻨﻚ ﺍﻟﺨﻴﺮ ﻭﻧﺼﻴﺒﻚ ﻣﻨﻲ ﺍﻟﺸﺮ
“Aku baru tau ternyata aku diberi pahala oleh Allah karena perlakuanmu kepadaku tadi, karena itu aku tak ingin aku mendapatkan kebaikan (Surga) karena darimu, sedangkan kau mendapatkan keburukan (adzab Allah) karena diriku…”. Wallahu A’lam.
Sumber: Risalah Qusyairiyyah
 (Suara-NU)
Rosulullah Sembuhkan Orang Buta Lewat Mimpi

0 Response to "Keburukan di Balas Kebaikan"

Post a Comment

Jangan lupa berkunjung kembali yaa :)