Daun Stevia Pemanis Alami ( Rendah Kalori )



Stevia adalah nama popular dari bahan yang berasal dari tanaman Stevia rebaudiana . Daun Stevia rebaudiana ini sebenarnya sudah banyak digunakan oleh masyarakat di daerah Paraguay dan Brazil sejak zaman dahulu. Namun, penggunaannya baru mulai dikenal luas setelah ‘ditemukan’ dan diperkenalkan oleh ahli botani Antonio Bertoni pada tahun 1887 .
Daun stevia mengandung senyawa-senyawa yang memiliki rasa sangat manis, seperti stevioside dan
rebaudioside . Kemanisannya sangat tinggi, bahkan hingga mencapai 200 sampai 300 kali lipat gula pasir. Rasa daun stevia yang manis ini menyebabkan tanaman stevia dikenal dengan banyak nama lain seperti honey leaf , sweet leaf of Paraguay, sweet leaf, sweet herb , candy leaf, dan honey yerba.

Manfaat Gula Stevia dibandingkan dengan gula yang lain yaitu:
1. Mampu mengurangi berat badan karena sama sekali tidak memiliki nilai kalori.
2. Mampu mencegah dan mengobati penyakit diabetes dan hipoglikemia reaktif, karena stevia tidak meningkatkan kadar gula darah.
3. Mencegah gigi berlubang, karena xylitol yang merupakan kandungan stevia, mampu mencegah menempelnya bakteri pada permukaan gigi. Kandungannya tidak dapat difermentasi oleh bakteri sehingga tidak menyebabkan penumpukan asam penyebab gigi berlubang dan plak.
Gula stevia menjadi jawaban solusi bagi mereka yang membutuhkan pemanis alami yang tidak mengandung resiko penyakit. Hidup sehat tak harus menjauhi manis.
Penelitian lain menunjukkan manfaat senyawa stevioside yang diekstrak dari tanaman stevia dalam pengaturan tekanan darah. Diketahui bahwa konsumsi stevioside dapat membantu menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi . Namun, masih dibutuhkan uji lebih lanjut untuk mempelajari manfaat dari ekstrak tanaman stevia ini dalam hal pengaturan kadar gula darah dan tekanan darah.

0 Response to "Daun Stevia Pemanis Alami ( Rendah Kalori )"

Post a Comment

Jangan lupa berkunjung kembali yaa :)